General

7 Skill Digital Leadership Penting Untuk Dukung Transformasi Digital

Binar Academy
7 Skill Digital Leadership Penting Untuk Dukung Transformasi Digital
Isi Halaman :

Pernahkah Anda mendengar tentang kegagalan perusahaan dalam menjalani transformasi digital? Salah satu penyebab utamanya adalah pimpinan perusahaan seringkali hanya mendelegasikan tanggung jawab kepada karyawan tanpa pemahaman yang memadai tentang konsep dan proses digitalisasi.

Kepemimpinan yang memiliki wawasan mendalam tentang digital dan keterampilan dalam digital leadership dapat mendorong perusahaan menuju kesuksesan. Mereka mampu merumuskan strategi yang efektif dan mengarahkan karyawan dalam melakukan perubahan yang signifikan, sehingga meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Seperti quote yang dibawakan oleh Barry Ross dibawah ini, Anda tidak bisa mengarahkan bawahan untuk melakukan transformasi digital jika Anda sebagai pimpinan saja belum paham prosesnya. 

“You can’t delegate digital transformation for your company … You and your executives have to own it … engage, embrace, and adopt new ways of working with the latest and emerging technologies.”
Barry Ross, Ross & Ross International

Lalu, apa yang perlu dilakukan untuk memulai memahami digital leadership skill ini? 

Tentu kita ketahui terlebih dahulu, apa itu digital leadership dan mengapa penting terhadap proses transformasi digital. Mari simak penjelasannya berikut ini. 

Apa Itu Digital Leadership?

Digital leadership, atau kepemimpinan digital, adalah konsep yang mengacu pada kemampuan seorang pemimpin untuk memanfaatkan teknologi digital secara efektif dalam memimpin organisasi atau perusahaan.   

Skill digital leadership merupakan skill kepemimpinan yang diperlukan oleh seorang pemimpin perusahaan atau organisasi saat proses transformasi digital dilakukan, agar pemimpin tetap agile dan fleksibel dalam membuat keputusan di era digital ini. 

Mengapa Digital Leadership Penting?

Survey yang dilakukan dari beberapa sumber menunjukkan betapa pentingnya transformasi digital untuk kemajuan organisasi atau perusahaan, hasilnya: 

- perusahaan yang berinvestasi di transformasi digital berhasil meningkatkan kepuasan pelanggan sebanyak 20-30% serta meningkatkan ekonomi sebesar 20-50% (McKinsey, 2019)

- Corporate leaders menunjukkan bahwa transformasi digital berdampak terhadap meningkatnya efisiensi operasional (40%), kepuasan pelanggan (35%), kualitas produk (26%), hingga mengurangi biaya produksi (23%).  (Corporate Leaders)

Tanpa keterampilan kepemimpinan digital yang memadai di tingkat manajemen, dampak signifikan dari transformasi digital ini dapat mengakibatkan strategi yang tidak terarah dan hasil yang kurang optimal.

Maka dari itu, investasi di skill digital leadership sangat penting dilakukan untuk para pemimpin yang banyak melakukan keputusan di tahap manajerial. 

Kompetensi yang Diperlukan dalam Digital Leadership

Adapun kompetensi atau skill penting yang diperlukan dalam digital leadership adalah:

- Adaptabilitas terhadap perubahan teknologi.

- Kemampuan mengelola dan mengintegrasikan teknologi baru.

- Membangun dan memimpin tim digital.

- Menciptakan budaya digital dalam organisasi.

Selain itu, skill umum yang harus dimiliki oleh pemimpin digital adalah: 

  • Menyediakan visi dan tujuan,
  • Menciptakan peluang untuk bereksperimen,
  • Memungkinkan orang untuk berpikir di luar kotak (out of the box),
  • Memungkinkan kerja tim vertikal dan horizontal di seluruh tim dan grup,
  • Memungkinkan komunikasi yang kuat dalam dan antar tim serta organisasi,
  • Mengembangkan dan menggerakkan strategi bisnis,
  • Dapat bekerja sama dengan baik (cooperative). (Luck et al, 2012)

Contoh Perusahaan yang Berhasil Melakukan Transformasi Digital

Beberapa perusahaan besar yang telah berhasil melakukan transformasi digital adalah:

- IKEA yang berhasil meningkatkan penjualan online sebanyak tiga kali lipat dan mengubah toko fisiknya menjadi pusat penjualan furniture retail terbaik di niche industrinya. 

- Microsoft yang berhasil meluncurkan Azure untuk mengimbangi perubahan di market, dan berhasil menjadi winning product Microsoft. 

- Nike yang berhasil meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menggunakan strategi digital berupa analitik data untuk meningkatkan strategi pemasaran. 

(Digital Adoption) 

Keberhasilan transformasi digital dalam kasus-kasus di atas dapat diatribusikan pada kehadiran digital leader yang kompeten dalam perusahaan-perusahaan tersebut. Untuk mencapai kesuksesan serupa, penting bagi para pemimpin perusahaan untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan mereka dalam kepemimpinan digital. 

Salah satu langkah yang dapat diambil adalah dengan mengikuti program pelatihan digital leadership seperti Program Mini Master of Digital Business Administration (MDBA) dari BINAR X LM FEB UI. 

Detail Program Mini MDBA

  • Durasi: 6 minggu
  • Lokasi: Hybrid (online dan offline di kampus UI Salemba)
  • Biaya: Rp 16.999.000

Dengan mengikuti program tersebut, para pemimpin perusahaan dapat meng-upgrade skill dan pengetahuan mereka dalam mengarahkan transformasi digital, sehingga mampu membawa perusahaan menuju kesuksesan. 

Selengkapnya mengenai detail kelas, profil pengajar dan informasi terkait registrasi dapat Anda akses melalui tautan berikut: https://mini-mdba.binaracademy.com

Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk meningkatkan kemampuan leaders dalam menghadapi tantangan bisnis digital. 

“It is not the most intellectual of the species that survives; it is not the strongest that survives, but the species that survives is the one that is able best to adapt and adjust to the changing environment in which it finds itself.” -  Darwin’s Origin of Species

Source:

Kamu Punya Potensi Tersembunyi!

Temukan potensi dan rekomendasi bootcamp untuk kariermu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz

Bingung Mau Pilih Bootcamp yang Cocok Untukmu?

Potensi Quiz akan kasih rekomendasi bootcamp sesuai kepribadianmu dalam 3 menit
Coba Potensi Quiz
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Daftar Isi
Hi! 👋🏼  
Kamu bisa konsultasi kebutuhanmu di BINAR via WhatsApp ya