Di era digital yang serba cepat, institusi harus mengadopsi langkah-langkah yang tepat dalam mengintegrasikan kemajuan teknologi agar tetap kompetitif. Namun, merealisasikan transformasi digital tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan menurut penelitian BCG, hanya 30% dari perusahaan yang merencanakan transformasi berhasil meraih tujuannya.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan transformasi digital, termasuk kesalahpahaman bahwa adopsi teknologi semata cukup, sementara transformasi digital juga harus mencakup aspek organisasi atau sumber daya manusia di dalamnya. Untuk itulah BINAR hadir sebagai solusi, di mana kami tidak hanya memberikan panduan ahli dalam menyelaraskan strategi, namun juga siap mengawal implementasi rencana transformasi digital bersama klien dan tim mereka.
Melalui tiga produk utama BINAR saat ini, yakni tech consulting, capacity building, dan tech outsourcing, berikut adalah beberapa studi kasus yang menunjukkan keahlian BINAR dalam mendorong hasil transformasi digital yang nyata.
1. Merevolusi Sebuah Perusahaan Multifinance Tradisional
Gambaran Klien
Sebuah perusahaan multifinance tradisional dengan aset lebih dari IDR 5 triliun ingin bertransformasi menjadi perusahaan keuangan digital sepenuhnya. Tujuan mereka termasuk mengkonsolidasikan data pelanggan yang besar ke dalam aplikasi mobile baru, mengintegrasikan lebih dari 200.000 pengguna dari platform lain, dan membangun sistem skor kredit yang andal untuk peminjam.
Solusi BINAR
- Reorganisasi Tim: Memberikan saran struktur tim baru untuk Produk, Teknologi, dan Komersial
- Peningkatan Aset: Memanfaatkan data pelanggan yang ada dan membuat sistem pelacakan offline dan online
- Pengembangan Platform: Membangun sistem KYC yang kuat
- Manajemen Perubahan Budaya: Menerapkan metodologi agile, mendorong budaya tim yang dinamis dan adaptif
Hasil
Menginisiasi sistem proses data yang efisien dan mengembangkan aplikasi mobile yang canggih. Kami juga merevolusi sisi operasional, meningkatkan efisiensi dan user experience.
2. Integrasi Pengalaman Omnichannel untuk Customer di Sebuah Perusahaan Manufaktur
Gambaran Klien
Perusahaan manufaktur konsumsi tertua di Indonesia, yang mengalami kesulitan dengan pertumbuhan merek baru furniture Eropa di Indonesia, ingin mengintegrasikan saluran penjualan mereka dan mengoptimalkan buying experience.
Solusi BINAR
- Identifikasi User Persona: Mengidentifikasi perjalanan pelanggan yang relevan dan hambatan yang dihadapi
- Product Roadmapping: Mendefinisikan tahap-tahap pembuatan aplikasi baru untuk menarik dan mempertahankan pelanggan
- Integrasi Online/Offline: Meningkatkan kampanye online, melatih tim di toko, dan mengintegrasikan aplikasi dengan platform e-commerce
- Penyempurnaan Arsitektur IT: Membuat sistem omnichannel dengan mengintegrasikan aplikasi mobile, e-commerce, dan sistem ERP
Hasil
Customer engagement meningkat, menjembatani kesenjangan antara toko fisik dan digital, serta mengoptimalkan proses internal.
3. Meningkatkan Valuasi untuk Sebuah Perusahaan FaaS (Function as a Service) di Indonesia
Gambaran Klien
Sebuah perusahaan jasa keuangan di Indonesia ingin meningkatkan valuasinya dengan meningkatkan perjalanan pelanggan, dengan fokus pada aset yang dikelola (assets under management) dan volume transaksi.
Solusi BINAR
- Mendefinisikan The Hook Model untuk proses bisnis
- Memperbaiki User Experience: Memberikan wawasan tentang peningkatan UX untuk meningkatkan aktivitas pengguna
- Memperbaiki User Interface: Memberikan saran tentang konten UI yang efektif dan push notification
- Fitur Tambahan: Merancang sistem reward untuk meningkatkan loyalitas pelanggan
Hasil
Menghasilkan pengalaman yang lebih intuitif dan memuaskan bagi pelanggan, serta menghasilkan proses yang lebih efisien dan meningkatkan user engagement
Di BINAR, kami percaya pada kekuatan people, process, and tools untuk mendorong transformasi digital. Keahlian dan solusi inovatif kami secara konsisten memberikan hasil yang berdampak dan berkelanjutan, memberdayakan klien BINAR untuk mencapai aspirasi digital mereka.
Apakah institusi Anda juga ingin mengoptimalkan proses digital, mengintegrasikan sistem teknologi terbaru, atau meningkatkan kualitas user experience? Hubungi tim kami untuk berdiskusi bagaimana BINAR dapat memberdayakan digital future institusi Anda.
Di era digital yang serba cepat, institusi harus mengadopsi langkah-langkah yang tepat dalam mengintegrasikan kemajuan teknologi agar tetap kompetitif. Namun, merealisasikan transformasi digital tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan menurut penelitian BCG, hanya 30% dari perusahaan yang merencanakan transformasi berhasil meraih tujuannya.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan transformasi digital, termasuk kesalahpahaman bahwa adopsi teknologi semata cukup, sementara transformasi digital juga harus mencakup aspek organisasi atau sumber daya manusia di dalamnya. Untuk itulah BINAR hadir sebagai solusi, di mana kami tidak hanya memberikan panduan ahli dalam menyelaraskan strategi, namun juga siap mengawal implementasi rencana transformasi digital bersama klien dan tim mereka.
Melalui tiga produk utama BINAR saat ini, yakni tech consulting, capacity building, dan tech outsourcing, berikut adalah beberapa studi kasus yang menunjukkan keahlian BINAR dalam mendorong hasil transformasi digital yang nyata.
1. Merevolusi Sebuah Perusahaan Multifinance Tradisional
Gambaran Klien
Sebuah perusahaan multifinance tradisional dengan aset lebih dari IDR 5 triliun ingin bertransformasi menjadi perusahaan keuangan digital sepenuhnya. Tujuan mereka termasuk mengkonsolidasikan data pelanggan yang besar ke dalam aplikasi mobile baru, mengintegrasikan lebih dari 200.000 pengguna dari platform lain, dan membangun sistem skor kredit yang andal untuk peminjam.
Solusi BINAR
- Reorganisasi Tim: Memberikan saran struktur tim baru untuk Produk, Teknologi, dan Komersial
- Peningkatan Aset: Memanfaatkan data pelanggan yang ada dan membuat sistem pelacakan offline dan online
- Pengembangan Platform: Membangun sistem KYC yang kuat
- Manajemen Perubahan Budaya: Menerapkan metodologi agile, mendorong budaya tim yang dinamis dan adaptif
Hasil
Menginisiasi sistem proses data yang efisien dan mengembangkan aplikasi mobile yang canggih. Kami juga merevolusi sisi operasional, meningkatkan efisiensi dan user experience.
2. Integrasi Pengalaman Omnichannel untuk Customer di Sebuah Perusahaan Manufaktur
Gambaran Klien
Perusahaan manufaktur konsumsi tertua di Indonesia, yang mengalami kesulitan dengan pertumbuhan merek baru furniture Eropa di Indonesia, ingin mengintegrasikan saluran penjualan mereka dan mengoptimalkan buying experience.
Solusi BINAR
- Identifikasi User Persona: Mengidentifikasi perjalanan pelanggan yang relevan dan hambatan yang dihadapi
- Product Roadmapping: Mendefinisikan tahap-tahap pembuatan aplikasi baru untuk menarik dan mempertahankan pelanggan
- Integrasi Online/Offline: Meningkatkan kampanye online, melatih tim di toko, dan mengintegrasikan aplikasi dengan platform e-commerce
- Penyempurnaan Arsitektur IT: Membuat sistem omnichannel dengan mengintegrasikan aplikasi mobile, e-commerce, dan sistem ERP
Hasil
Customer engagement meningkat, menjembatani kesenjangan antara toko fisik dan digital, serta mengoptimalkan proses internal.
3. Meningkatkan Valuasi untuk Sebuah Perusahaan FaaS (Function as a Service) di Indonesia
Gambaran Klien
Sebuah perusahaan jasa keuangan di Indonesia ingin meningkatkan valuasinya dengan meningkatkan perjalanan pelanggan, dengan fokus pada aset yang dikelola (assets under management) dan volume transaksi.
Solusi BINAR
- Mendefinisikan The Hook Model untuk proses bisnis
- Memperbaiki User Experience: Memberikan wawasan tentang peningkatan UX untuk meningkatkan aktivitas pengguna
- Memperbaiki User Interface: Memberikan saran tentang konten UI yang efektif dan push notification
- Fitur Tambahan: Merancang sistem reward untuk meningkatkan loyalitas pelanggan
Hasil
Menghasilkan pengalaman yang lebih intuitif dan memuaskan bagi pelanggan, serta menghasilkan proses yang lebih efisien dan meningkatkan user engagement
Di BINAR, kami percaya pada kekuatan people, process, and tools untuk mendorong transformasi digital. Keahlian dan solusi inovatif kami secara konsisten memberikan hasil yang berdampak dan berkelanjutan, memberdayakan klien BINAR untuk mencapai aspirasi digital mereka.
Apakah institusi Anda juga ingin mengoptimalkan proses digital, mengintegrasikan sistem teknologi terbaru, atau meningkatkan kualitas user experience? Hubungi tim kami untuk berdiskusi bagaimana BINAR dapat memberdayakan digital future institusi Anda.