Binar Academy – Sudah siap untuk terjun ke ranah Product Management dan meluncurkan sebuah produk digital unggul untuk menjawab kebutuhan orang banyak? Eits, tapi tunggu dulu! Binarian sudah pernah dengar tentang konsep product roadmap belum?
Sebagai seorang Product Manager, product roadmap adalah salah satu tanggung jawab yang harus dibentuk dan dikembangkan oleh tim Product. Karena nantinya product roadmap tersebut akan berperan penting dalam proses pembentukan produk bisnis serta visibilitasnya pada stakeholders lain.
Bukan Product Manager yang andal apabila kamu belum tau apa itu product roadmap dan bagaimana langkah-langkah pembuatannya. Maka dari itu, simak artikel kali ini ya, Binarian!
Apa Itu Product Roadmap?
Disadur dari Product School, product roadmap adalah sebuah visualisasi dari tahapan-tahapan yang ada ketika membentuk sebuah produk. Product roadmap tersebut adalah ‘kunci jitu’ bagi seorang Product Manager untuk mempresentasikan visi & misi yang dibentuk kepada pemangku kepentingan (stakeholders) yang ada.
Di dalam sebuah product roadmap, biasanya akan dijabarkan hal-hal seperti:
- Visi produk
- Tujuan yang ingin dicapai
- Metrics keberhasilan
- Timeline
- Strategi produk
- Reminder
Secara keseluruhan, product roadmap berfungsi dalam membantu mengkomunikasikan apa produk yang sedang dibentuk dan apa alasan dari dibentuknya produk tersebut agar menjadi lebih mudah dipahami.
Dengan begitu, seluruh stakeholders yang ada di suatu perusahaan jadi dapat mengetahui dan memahami strategi terbaik apa yang dapat dilakukan untuk dapat mencapai goals bisnis melalui produk yang sedang dibentuk.
Kenapa Product Roadmap Penting untuk Ada?
Product roadmap adalah bagian esensial dari proses perencanaan strategis pembentukan sebuah produk.
Melalui product roadmap, kamu jadi dapat mengetahui pemrioritasan yang dapat dilakukan untuk mencapai kesuksesan pengembangan produk. Dan untuk menentukan prioritasnya tentu saja harus didasari oleh data dan dibuat seobjektif mungkin.
Psst, adanya product roadmap juga membantu menghindari terjadinya pekerjaan yang terbengkalai dan juga dapat meningkatkan tingkat kolaborasi antar tim lho, Binarian!
Langkah-langkah yang Perlu Dipersiapkan dalam Membuat Product Roadmap
Masih dari Product School, katanya, ada beberapa hal mendasar yang perlu kamu ‘imani’ terlebih dahulu sebelum membuat sebuah product roadmap! Mulai dari mempersiapkan diri dengan adanya perubahan hingga berkomunikasi dengan baik kepada seluruh tim yang terlibat.
Setelah itu, barulah kamu bisa memulai langkah-langkah berikut untuk membuat product roadmap:
1. Tentukan visi, tujuan, dan strategi
Pada bagian ini, kamu akan menjabarkan hal-hal terkait apa nilai yang ingin diberikan dari produk yang dibentuk, bagaimana cara kerjanya, siapa target pengguna produk dan bagaimana produk tersebut ingin mengatasi permasalahan penggunanya.
2. Menjabarkan skala prioritas dari kebutuhan pengguna
Produk yang kamu bentuk tentunya berangkat dari kebutuhan target sasaran mu. Dari sekian banyak kebutuhan yang dimiliki oleh pengguna produk mu, lakukan pemrioritasan kebutuhan mana yang ingin kamu bantu selesaikan terlebih dahulu melalui produk mu.
3. Identifikasi langkah apa yang ingin dikembangkan
Di tahapan ini, kamu akan menjabarkan strategi apa yang bisa dilaksanakan, fitur-fitur apa yang akan membantu melaksanakan strategi tersebut, serta bagaimana setiap tim yang ada dapat berkolaborasi dalam menyukseskan strategi tersebut.
4. Bentuklah skenario yang terorganisir
Setelah menjabarkan secara detail, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah memastikan visualisasi dari perencanaan yang dibentuk telah terorganisir dengan baik dan dapat dipahami dengan mudah oleh stakeholders lain.
Itu dia sedikit penjelasan seputar product roadmap yang penting untuk kamu pahami, Binarian! Selain itu, masih lebih banyak lagi hal-hal mendalam seputar product roadmap yang wajib kamu pahami.
Sumber:
Introduction to Product Roadmaps
Baca juga: Tugas dan Skills Product Manager yang Perlu Dimiliki
Binar Academy – Sudah siap untuk terjun ke ranah Product Management dan meluncurkan sebuah produk digital unggul untuk menjawab kebutuhan orang banyak? Eits, tapi tunggu dulu! Binarian sudah pernah dengar tentang konsep product roadmap belum?
Sebagai seorang Product Manager, product roadmap adalah salah satu tanggung jawab yang harus dibentuk dan dikembangkan oleh tim Product. Karena nantinya product roadmap tersebut akan berperan penting dalam proses pembentukan produk bisnis serta visibilitasnya pada stakeholders lain.
Bukan Product Manager yang andal apabila kamu belum tau apa itu product roadmap dan bagaimana langkah-langkah pembuatannya. Maka dari itu, simak artikel kali ini ya, Binarian!
Apa Itu Product Roadmap?
Disadur dari Product School, product roadmap adalah sebuah visualisasi dari tahapan-tahapan yang ada ketika membentuk sebuah produk. Product roadmap tersebut adalah ‘kunci jitu’ bagi seorang Product Manager untuk mempresentasikan visi & misi yang dibentuk kepada pemangku kepentingan (stakeholders) yang ada.
Di dalam sebuah product roadmap, biasanya akan dijabarkan hal-hal seperti:
- Visi produk
- Tujuan yang ingin dicapai
- Metrics keberhasilan
- Timeline
- Strategi produk
- Reminder
Secara keseluruhan, product roadmap berfungsi dalam membantu mengkomunikasikan apa produk yang sedang dibentuk dan apa alasan dari dibentuknya produk tersebut agar menjadi lebih mudah dipahami.
Dengan begitu, seluruh stakeholders yang ada di suatu perusahaan jadi dapat mengetahui dan memahami strategi terbaik apa yang dapat dilakukan untuk dapat mencapai goals bisnis melalui produk yang sedang dibentuk.
Kenapa Product Roadmap Penting untuk Ada?
Product roadmap adalah bagian esensial dari proses perencanaan strategis pembentukan sebuah produk.
Melalui product roadmap, kamu jadi dapat mengetahui pemrioritasan yang dapat dilakukan untuk mencapai kesuksesan pengembangan produk. Dan untuk menentukan prioritasnya tentu saja harus didasari oleh data dan dibuat seobjektif mungkin.
Psst, adanya product roadmap juga membantu menghindari terjadinya pekerjaan yang terbengkalai dan juga dapat meningkatkan tingkat kolaborasi antar tim lho, Binarian!
Langkah-langkah yang Perlu Dipersiapkan dalam Membuat Product Roadmap
Masih dari Product School, katanya, ada beberapa hal mendasar yang perlu kamu ‘imani’ terlebih dahulu sebelum membuat sebuah product roadmap! Mulai dari mempersiapkan diri dengan adanya perubahan hingga berkomunikasi dengan baik kepada seluruh tim yang terlibat.
Setelah itu, barulah kamu bisa memulai langkah-langkah berikut untuk membuat product roadmap:
1. Tentukan visi, tujuan, dan strategi
Pada bagian ini, kamu akan menjabarkan hal-hal terkait apa nilai yang ingin diberikan dari produk yang dibentuk, bagaimana cara kerjanya, siapa target pengguna produk dan bagaimana produk tersebut ingin mengatasi permasalahan penggunanya.
2. Menjabarkan skala prioritas dari kebutuhan pengguna
Produk yang kamu bentuk tentunya berangkat dari kebutuhan target sasaran mu. Dari sekian banyak kebutuhan yang dimiliki oleh pengguna produk mu, lakukan pemrioritasan kebutuhan mana yang ingin kamu bantu selesaikan terlebih dahulu melalui produk mu.
3. Identifikasi langkah apa yang ingin dikembangkan
Di tahapan ini, kamu akan menjabarkan strategi apa yang bisa dilaksanakan, fitur-fitur apa yang akan membantu melaksanakan strategi tersebut, serta bagaimana setiap tim yang ada dapat berkolaborasi dalam menyukseskan strategi tersebut.
4. Bentuklah skenario yang terorganisir
Setelah menjabarkan secara detail, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah memastikan visualisasi dari perencanaan yang dibentuk telah terorganisir dengan baik dan dapat dipahami dengan mudah oleh stakeholders lain.
Itu dia sedikit penjelasan seputar product roadmap yang penting untuk kamu pahami, Binarian! Selain itu, masih lebih banyak lagi hal-hal mendalam seputar product roadmap yang wajib kamu pahami.
Sumber:
Introduction to Product Roadmaps