Sebagai pemilik perusahaan atau stakeholder, tentunya Anda tidak hanya ingin memberikan manfaat bagi konsumen, tetapi juga bagi publik agar dapat menjaga citra perusahaan Anda tetap dikenal baik.
Salah satu cara untuk menjaga citra perusahaan adalah dengan program CSR. Ada banyak cara untuk bisa menyusun program CSR, apalagi jika kita memanfaatkan teknologi agar dapat memberikan dampak yang lebih besar.
Artikel ini akan membahas pentingnya CSR bagi perusahaan anda, contoh-contoh program CSR yang inovatif, dan bagaimana cara menyusun program CSR lebih mudah.
Apa itu CSR
CSR (Corporate Social Responsibility) adalah kegiatan perusahaan sebagai tanggung jawab sosial pada masyarakat dan stakeholder untuk memberikan dampak dan kesejahteraan dengan berbagai bentuk.
CSR menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan mengelola industrinya dan bertanggung jawab atas dampak sosialnya.
CSR membantu meningkatkan berbagai aspek masyarakat mulai dari ekonomi, sosial, dan lingkungan; serta mempertahankan citra dan reputasi perusahaan yang positif.
Kegiatan CSR juga menjadi wujud perhatian dan akuntabilitas perusahaan, yang bertujuan untuk memberi bentuk nyata bahwa perusahaan Anda tidak sekedar mengejar profit, namun juga mendukung seluruh aspek hidup masyarakat.
Pentingnya CSR dan Manfaatnya bagi Perusahaan
CSR sama pentingnya bagi masyarakat dan juga perusahaan, karena yang akan menerima dampak positif bukan hanya masyarakat melainkan juga perusahaan itu sendiri.
CSR adalah bentuk tanggung jawab sosial yang berguna dalam jangka waktu panjang, berikut adalah pentingnya dan manfaat CSR bagi perusahaan:
- Menjaga Citra dan Reputasi Perusahaan
Program CSR yang efektif dapat memperbaiki, meningkatkan, dan mempertahankan citra reputasi perusahaan di mata masyarakat. Terlebih jika perusahaan mampu memberikan dampak terhadap isu-isu sosial dan lingkungan yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Hal ini dapat mempengaruhi persepsi konsumen lebih positif dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
- Menambah Value di Mata Investor
Studi yang dilakukan oleh Boston Consulting Group (BCG) membuktikan, perusahaan yang dianggap mampu memimpin permasalahan / isu lingkungan, sosial, dan tata kelola memiliki keunggulan penilaian 11% dari kompetitor mereka. CSR dapat mempengaruhi bagaimana perasaan investor tentang suatu organisasi dan memandang value perusahaan tersebut.
- Meningkatkan Hubungan dengan Stakeholder Setempat dan Masyarakat
Program CSR memberi kesempatan pada perusahaan untuk lebih dekat dengan stakeholder setempat seperti pemerintah, media, komunitas lokal, NGO, LSM, dan instansi lainnya yang lebih mempunyai kedekatan dengan masyarakat. Selain mempermudah jalannya program CSR, hal ini juga menciptakan kesempatan untuk berkolaborasi, dialog terbuka, dan menggali kebutuhan masyarakat untuk mengembangkan produk / jasa yang lebih sesuai.
- Brand Recognition
Tidak hanya mempengaruhi loyalitas pelanggan, CSR juga dapat memberikan brand recognition atau pengakuan masyarakat terhadap hal-hal positif yang ada di perusahaan Anda. Menurut penelitian dalam Journal of Consumer Psychology, konsumen cenderung bertindak positif secara sukarela, terhadap perusahaan yang sudah memberikan keuntungan bagi masyarakat, dibanding perusahaan yang hanya menunjukan kemampuannya dalam memberikan produk berkualitas.
Saat ini, customer juga semakin memperhatikan dampak dari CSR yang dilakukan perusahaan bagi lingkungan sekitarnya. Sehingga CSR dapat menjadi dasar pengambilan keputusan konsumen.
- Membangun Keunggulan Kompetitif
Melalui komitmen yang diwujudkan dalam program-program CSR, perusahaan dapat menciptakan nilai jangka panjang untuk membangun keunggulan kompetitif. Perusahaan yang memperhatikan isu-isu sosial dan lingkungan dapat menjadikan peluang baru untuk mengembangkan produk dan layanan yang inovatif, seiring dengan kebutuhan pelanggan yang berkembang.
Contoh Program CSR dari Perusahaan Ternama
Jika Anda ingin memulai program CSR di perusahaan Anda namun belum memiliki bayangan akan bentuk CSR yang bermanfaat, berikut adalah contoh program CSR dari perusahaan ternama yang dapat dijadikan inspirasi
- Penggunaan Sumber Daya Keberlanjutan: Coca Cola
Sebagai merek minuman kemasan, Coca-Cola menaruh fokus besar pada keberlanjutan. Bidang utamanya adalah iklim, pengemasan dan pertanian bersama dengan pengelolaan air dan kualitas produk. Pada tahun 2021, Coca-Cola meluncurkan botol minuman pertamanya yang terbuat dari 100% plastik nabati. Pesan mereka adalah 'dunia tanpa limbah', dengan tujuan mengumpulkan dan mendaur ulang setiap botol, menjadikan kemasan mereka 100% dapat didaur ulang dan mengganti semua air yang digunakan untuk membuat minuman mereka kembali ke lingkungan untuk memastikan keamanan air.
- Pemberdayaan Komunitas Lokal: Walt Disney
Saat taman mereka ditutup karena pandemi COVID-19, Disney memfokuskan upaya CSR mereka pada komunitas lokal. Mereka menyediakan $27 juta untuk sumbangan makanan dan APD dari taman tertutup dan lokasi produksi serta mendorong karyawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sukarela virtual.
- Inklusivitas Tempat Kerja: Starbucks
Starbucks ingin mendiversifikasi tenaga kerjanya dan memberikan peluang untuk kelompok tertentu. Starbuck telah berkomitmen untuk mempekerjakan 25.000 veteran militer AS dan pasangannya hingga pada tahun 2025 sebagai bagian dari upaya tanggung jawab sosialnya. Starbucks juga mendukung kesetaraan ras dan sosial, dengan menyediakan program bimbingan untuk menghubungkan orang kulit hitam, pribumi, dan kulit berwarna (BIPOC) dengan para pemimpin senior dan berinvestasi dalam kemitraan.
- Grassroot Campaign: TOMS
TOMS sebagai perusahaan pemroduksi sepatu memiliki misi untuk mendonasikan sepasang sepatu dari setiap pasang yang mereka jual. Hal ini telah menghasilkan donasi lebih dari 100 juta pasang sepatu untuk anak-anak yang membutuhkan. Keuntungan ini juga digunakan untuk membantu tunanetra dengan menyediakan kacamata resep dan perawatan medis, menyediakan air minum yang 'aman' dan membangun bisnis di negara berkembang untuk menciptakan lapangan kerja.
- Program Beasiswa Online Bootcamp IT: BCA
BCA sebagai perusahaan perbankan mendukung perkembangan talenta digital di Indonesia lewat program beasiswa online yang bernama SYNRGY Academi. Program ini merupakan kolaborasi BCA dengan BINAR dalam bentuk beasiswa online bootcamp tech, untuk menyiapkan talenta digital terbaik yang siap terjun ke dunia kerja.
Cara Menyusun Program CSR
Punya aspirasi CSR yang ingin di-amplify lewat digitalisasi?
Digital Talent Accelerator dari BINAR for Business menyediakan jasa yang dapat memudahkan anda dalam perencanaan hingga eksekusi program CSR. BINAR telah dipercaya lebih dari 150+ perusahaan mitra untuk mengembangkan talenta digital terkhusus dalam bentuk program CSR.
Salah satu perusahaan yang telah sukses menyelenggarakan program CSR yang berdampak bagi talenta digital muda di Indonesia adalah PT. Bank Central Asia (BCA), seperti yang disampaikan oleh Adi Prasetyo, Senior Vice President, Bank Central Asia
Konsultasikan aspirasi program CSR perusahaan Anda dengan BINAR melalui formulir di bawah ini!
Sebagai pemilik perusahaan atau stakeholder, tentunya Anda tidak hanya ingin memberikan manfaat bagi konsumen, tetapi juga bagi publik agar dapat menjaga citra perusahaan Anda tetap dikenal baik.
Salah satu cara untuk menjaga citra perusahaan adalah dengan program CSR. Ada banyak cara untuk bisa menyusun program CSR, apalagi jika kita memanfaatkan teknologi agar dapat memberikan dampak yang lebih besar.
Artikel ini akan membahas pentingnya CSR bagi perusahaan anda, contoh-contoh program CSR yang inovatif, dan bagaimana cara menyusun program CSR lebih mudah.
Apa itu CSR
CSR (Corporate Social Responsibility) adalah kegiatan perusahaan sebagai tanggung jawab sosial pada masyarakat dan stakeholder untuk memberikan dampak dan kesejahteraan dengan berbagai bentuk.
CSR menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan mengelola industrinya dan bertanggung jawab atas dampak sosialnya.
CSR membantu meningkatkan berbagai aspek masyarakat mulai dari ekonomi, sosial, dan lingkungan; serta mempertahankan citra dan reputasi perusahaan yang positif.
Kegiatan CSR juga menjadi wujud perhatian dan akuntabilitas perusahaan, yang bertujuan untuk memberi bentuk nyata bahwa perusahaan Anda tidak sekedar mengejar profit, namun juga mendukung seluruh aspek hidup masyarakat.
Pentingnya CSR dan Manfaatnya bagi Perusahaan
CSR sama pentingnya bagi masyarakat dan juga perusahaan, karena yang akan menerima dampak positif bukan hanya masyarakat melainkan juga perusahaan itu sendiri.
CSR adalah bentuk tanggung jawab sosial yang berguna dalam jangka waktu panjang, berikut adalah pentingnya dan manfaat CSR bagi perusahaan:
- Menjaga Citra dan Reputasi Perusahaan
Program CSR yang efektif dapat memperbaiki, meningkatkan, dan mempertahankan citra reputasi perusahaan di mata masyarakat. Terlebih jika perusahaan mampu memberikan dampak terhadap isu-isu sosial dan lingkungan yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Hal ini dapat mempengaruhi persepsi konsumen lebih positif dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
- Menambah Value di Mata Investor
Studi yang dilakukan oleh Boston Consulting Group (BCG) membuktikan, perusahaan yang dianggap mampu memimpin permasalahan / isu lingkungan, sosial, dan tata kelola memiliki keunggulan penilaian 11% dari kompetitor mereka. CSR dapat mempengaruhi bagaimana perasaan investor tentang suatu organisasi dan memandang value perusahaan tersebut.
- Meningkatkan Hubungan dengan Stakeholder Setempat dan Masyarakat
Program CSR memberi kesempatan pada perusahaan untuk lebih dekat dengan stakeholder setempat seperti pemerintah, media, komunitas lokal, NGO, LSM, dan instansi lainnya yang lebih mempunyai kedekatan dengan masyarakat. Selain mempermudah jalannya program CSR, hal ini juga menciptakan kesempatan untuk berkolaborasi, dialog terbuka, dan menggali kebutuhan masyarakat untuk mengembangkan produk / jasa yang lebih sesuai.
- Brand Recognition
Tidak hanya mempengaruhi loyalitas pelanggan, CSR juga dapat memberikan brand recognition atau pengakuan masyarakat terhadap hal-hal positif yang ada di perusahaan Anda. Menurut penelitian dalam Journal of Consumer Psychology, konsumen cenderung bertindak positif secara sukarela, terhadap perusahaan yang sudah memberikan keuntungan bagi masyarakat, dibanding perusahaan yang hanya menunjukan kemampuannya dalam memberikan produk berkualitas.
Saat ini, customer juga semakin memperhatikan dampak dari CSR yang dilakukan perusahaan bagi lingkungan sekitarnya. Sehingga CSR dapat menjadi dasar pengambilan keputusan konsumen.
- Membangun Keunggulan Kompetitif
Melalui komitmen yang diwujudkan dalam program-program CSR, perusahaan dapat menciptakan nilai jangka panjang untuk membangun keunggulan kompetitif. Perusahaan yang memperhatikan isu-isu sosial dan lingkungan dapat menjadikan peluang baru untuk mengembangkan produk dan layanan yang inovatif, seiring dengan kebutuhan pelanggan yang berkembang.
Contoh Program CSR dari Perusahaan Ternama
Jika Anda ingin memulai program CSR di perusahaan Anda namun belum memiliki bayangan akan bentuk CSR yang bermanfaat, berikut adalah contoh program CSR dari perusahaan ternama yang dapat dijadikan inspirasi
- Penggunaan Sumber Daya Keberlanjutan: Coca Cola
Sebagai merek minuman kemasan, Coca-Cola menaruh fokus besar pada keberlanjutan. Bidang utamanya adalah iklim, pengemasan dan pertanian bersama dengan pengelolaan air dan kualitas produk. Pada tahun 2021, Coca-Cola meluncurkan botol minuman pertamanya yang terbuat dari 100% plastik nabati. Pesan mereka adalah 'dunia tanpa limbah', dengan tujuan mengumpulkan dan mendaur ulang setiap botol, menjadikan kemasan mereka 100% dapat didaur ulang dan mengganti semua air yang digunakan untuk membuat minuman mereka kembali ke lingkungan untuk memastikan keamanan air.
- Pemberdayaan Komunitas Lokal: Walt Disney
Saat taman mereka ditutup karena pandemi COVID-19, Disney memfokuskan upaya CSR mereka pada komunitas lokal. Mereka menyediakan $27 juta untuk sumbangan makanan dan APD dari taman tertutup dan lokasi produksi serta mendorong karyawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sukarela virtual.
- Inklusivitas Tempat Kerja: Starbucks
Starbucks ingin mendiversifikasi tenaga kerjanya dan memberikan peluang untuk kelompok tertentu. Starbuck telah berkomitmen untuk mempekerjakan 25.000 veteran militer AS dan pasangannya hingga pada tahun 2025 sebagai bagian dari upaya tanggung jawab sosialnya. Starbucks juga mendukung kesetaraan ras dan sosial, dengan menyediakan program bimbingan untuk menghubungkan orang kulit hitam, pribumi, dan kulit berwarna (BIPOC) dengan para pemimpin senior dan berinvestasi dalam kemitraan.
- Grassroot Campaign: TOMS
TOMS sebagai perusahaan pemroduksi sepatu memiliki misi untuk mendonasikan sepasang sepatu dari setiap pasang yang mereka jual. Hal ini telah menghasilkan donasi lebih dari 100 juta pasang sepatu untuk anak-anak yang membutuhkan. Keuntungan ini juga digunakan untuk membantu tunanetra dengan menyediakan kacamata resep dan perawatan medis, menyediakan air minum yang 'aman' dan membangun bisnis di negara berkembang untuk menciptakan lapangan kerja.
- Program Beasiswa Online Bootcamp IT: BCA
BCA sebagai perusahaan perbankan mendukung perkembangan talenta digital di Indonesia lewat program beasiswa online yang bernama SYNRGY Academi. Program ini merupakan kolaborasi BCA dengan BINAR dalam bentuk beasiswa online bootcamp tech, untuk menyiapkan talenta digital terbaik yang siap terjun ke dunia kerja.
Cara Menyusun Program CSR
Punya aspirasi CSR yang ingin di-amplify lewat digitalisasi?
Digital Talent Accelerator dari BINAR for Business menyediakan jasa yang dapat memudahkan anda dalam perencanaan hingga eksekusi program CSR. BINAR telah dipercaya lebih dari 150+ perusahaan mitra untuk mengembangkan talenta digital terkhusus dalam bentuk program CSR.
Salah satu perusahaan yang telah sukses menyelenggarakan program CSR yang berdampak bagi talenta digital muda di Indonesia adalah PT. Bank Central Asia (BCA), seperti yang disampaikan oleh Adi Prasetyo, Senior Vice President, Bank Central Asia
Konsultasikan aspirasi program CSR perusahaan Anda dengan BINAR melalui formulir di bawah ini!